PEMANFAATAN GOOGLE CHROME DAN BELAJAR ID

 PEMANFAATAN GOOGLE CHROME DAN BELAJAR ID




Di era serba digital saat ini, kita guru diwajibkan melek teknologi. Hal ini penting agar guru tidak ketinggalan zaman dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran yang sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia. Guru dapat mengembangkan dirinya dengan membuat berbagai inovasi-inovasi pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan chromebook untuk pembelajaran berbasis TIK. 

Chromebook merupakan perangkat komputer/laptop yang sama dengan laptop atau komputer pada umumnya. Perbedaannya hanya pada sistem operasi yang digunakan, yaitu Chrome OS. Chromebook dilengkapi dengan Chrome Device Management (CDM) sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan pendaftaran (enrollment) Chromebook pada domain belajar.id. Pendaftaran (enrollment) dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki syarat tertentu. Chromebook juga merupakan perangkat komputer/laptop yang diberikan olen Kemendikbudristek sebagai bantuan untuk memberikan pembelajaran berbasis TIK kepada seluruh peserta didik di Indonesia. Tujuannya agar dimana pun peserta didik berada bahkan sampai di desa-desa yang sarana dan prasarana kurang memadai, bisa tetap mengenal berbagai teknologi pembelajaran dengan memanfaatkan chromebook. 

Sekolah yang menerima bantuan Chromebook dapat mengakses perangkat dengan menggunakan Akun belajar.id. Pengaturan utama pada Google Chrome di perangkat Chromebook yang telah dilakukan enrollment, yakni: 
belajar.id
belajar.kemdikbud.go.id
mail.google.com
calendar.google.com
drive.google.com
classroom.google.com


Chromebook adalah perangkat komputer/laptop milik peserta didik sehingga para peserta didik diberikan keleluasan dalam memanfaatkan chromebook dengan akun belajar id mereka masing-masing. Akan lebih baik jika benda ini rusak karena digunakan oleh peserta didik untuk pembelajaran, daripada hanya disimpan lama. Peserta didik sangat perlu dikenalkan dengan dunia teknologi yang sudah masanya mereka saat ini. 

Akun belajar.id juga tersedia untuk guru maupun peserta didik. Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan kesetaraan.

Dengan akun belajar.id kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarah jauh. Bapak/Ibu guru maupun peserta didik dapat memanfaatkan berbagai macam teknologi pembelajaran yang sangat bermanfaat dan luar biasa secara gratis tanpa biaya. Banyak hal yang dapat dipelajari dan didapatkan dengan menggunakan akun belajar.id yang telah diberikan oleh Kemendikbudristek. 

Mari bersama Menguatkan Ekosistem Pendidikan Digital dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar💪💪

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar