Muda Mudi Berkarya di Ajang Sumpah Pemuda

 Muda Mudi Berkarya di Ajang Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan RI yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Adapun tujuan dari ikrar Sumpah Pemuda adalah untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dari diri setiap pemuda di Indonesia. Dengan demikian jiwa nasionalisme pun bisa mengakar dalam sanubari setiap warga, khususnya pemuda-pemudi. Selain itu, sumpah pemuda pun bertujuan untuk menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang bagi rakyat Indonesia dalam bersatu.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023. Hari Sumpah Pemuda ini juga diperingati oleh salah satu sekolah terbesar dengan peserta didik terbanyak di Lembata yaitu SMP Negeri 1 Nubatukan. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, sekolah mengadakan perlombaan pertingkatan dengan tema "Santun Berbahasa di Layar Digital". Jenis-jenis kegiatan yang dilombakan adalah video profil Sekolah, video reportase, video musikalisasi puisi, musik diari, cipta dan baca puisi serta smartphone photography. Tujuan dari tema perlombaan ini adalah untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan yang sudah dimiliki oleh peserta didik dalam memanfaatkan teknologi. 

Pelaksanaan kegiatan perlombaan ini berjalan sangat meriah dan menyenangkan. Para peserta didik sangat antusias dalam berpartisipasi di kegiatan perlombaan ini. Saya merupakan salah satu tim juri dari kegiatan perlombaan. Sebagai juri, saya melihat bahwa ternyata para peserta didik SMP Negeri 1 Nubatukan sudah sangat mahir dalam memanfaatkan teknologi. Hal ini dapat dilihat dari hasil-hasil karya yang sudah dibuat oleh mereka. Saya merasa sangat bangga dengan bakat para peserta didik yang ternyata sudah sangat maju dalam memanfaatkan teknologi. 

Saya sangat berkeinginan untuk memajukan dan mengembangkan pengetahuan peserta didik dalam bidang teknologi tidak hanya di dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, tetapi bisa dimanfaatkan juga dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga bakat anak bisa terus terasah dan semakin mahir dalam penggunaan teknologi. Tentunya guru juga harus tetap mendampingi perkembangan anak dalam kemajuan ilmu teknologi. 

Satu kata buat kegiatan ini adalah keren. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus diadakan dalam kesempatan-kesempatan lainnya. Semangat buat SMP Negeri 1 Nubatukan dalam memajukan pendidikan yang berbasis teknologi. 

Mari Bapak/Ibu guru hebat kita bersama menguatkan ekosistem Pendidikan Digital dengan berkarya dan berbagi untuk wujudkan Merdeka Belajar 💪💪💪